Selasa, 01 Februari 2011

Laut Banda

Laut Banda adalah sebuah laut yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Laut berukuran 500x1.000 km ini terpisah dari Samudra Pasifik oleh beratus-ratus pulau, serta Laut Halmahera dan Seram.

Pulau-pulau yang berbatasan dengan Laut Banda antara lain: Sulawesi di sebelah barat, Buru, Ambon, Seram,kepulauan Kai, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar,Kepulauan Barat Daya, dan Timor. Di sisi ujung laut ini terdapat banyak pulau berbatu, berbeda dengan di bagian tengahnya. Kepulauan Banda terletak di tengah laut ini.


CAGAR ALAM TAMAN LAUT BANDA


U M U M       
Salah satu atraksi alam yang potensial bagi pengembangan pariwisata di Propinsi Maluku adalah adanya taman-taman laut dengan terumbu karang yang cukup luas dan indah berkelompok di sekitar Pulau Neira dan Pulau Banda Besar.
Terumbu karang di kepulauan Banda ini merupakan salah satu yang terkaya akan jenis karangnya di antara terumbu karang lainnya yang ada di dunia. Dari 700 jenis karang yang ada di dunia sekitar 432 jenis karang (64%) terdapat di kepulauan Banda.
Taman-taman laut tersebut secara resmi telah ditetapkan sebagai Cagar Alam/ Taman Laut Banda dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 221/Kpts/Um/4/1977 tanggal 25 April 1977 seluas 2.500 ha.
Secara administratif Pemerintahan, Cagar Alam Taman Laut Banda ini termasuk ke dalam Kecamatan Banda, Kabupaten Daerah Tingkat II Maluku Tengah.

Komunitas Terumbu Karang


POTENSI       
Cagar Alam/Taman Laut Banda memiliki potensi yang menonjol, antara lain adalah : 
  • Komunitas terumbu karang yang cukup luas dan lengkap tersusun rapi secara alamiah dengan diversitas moluska yang cukup tinggi.
  • Flora yang terdiri dari berbagai jenis rumput laut.
  • Berbagai jenis burung seperti raja udang hutan (Halcyon macleayii), gangsa batu kaki merah (Sula sula), dan ikan hias dalam berbagai ukuran dan warna.
  •  Raja Udang (Halcyon macleayii)


FASILITAS       
Beberapa fasilitas yang ada di Cagar Alam/Taman Laut Pulau Banda hingga saat ini, antara lain : 
  • 1 (satu) buah bangunan Pondok Kerja
  • 1 (satu) buah Speed-boat
  • 1 (satu) buah Dermaga dan Garasi Speedboat
  • Terdapat beberapa hotel/penginapan di Banda Neira


KEGIATAN       
Beberapa kegiatan yang saat ini dilakukan dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan Cagar Alam/Taman Laut Pulau Banda, antara lain : 
  • Sebagai sarana atau laboratorium untuk penelitian ekosistem kelautan
  • Sebagai tempat untuk rekreasi dan pariwisata alam, berenang, menyelam, scuba-diving, snorkling dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar