Selasa, 01 Februari 2011

lebih Dekat Dengan Pulau Banda

Kepulauan Banda merupakan “berlian” nan eksotis dari kepulauan sebelah Timur Indonesia. Kepualaun ini terdiri dari sepuluh pulau vulkanis yang tersebar di Laut Banda, ±140 km sebelah selatan Pulau Seram dan 2.000 km sebelah timur Pulau Jawa.
Kepulauan yang memiliki luas sekitar 180 km² ini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Kota terbesarnya adalah Bandanaira, terletak di pulau dengan nama yang sama. Pulau ini sudah dikenal sejak beberapa abad lalu. Tercatat, hingga pertengahan abad ke-19, Kepulauan Banda merupakan satu-satunya sumber rempah-rempah pala. Dan menjadi salah satu incaran para penjajah.
Bicara tentang pulau ini ada yang kurang jika tak menyinggung tentang selam scuba dan snorkeling. Yup, pulau ini dikenal sebagai salah satu surga bagi wisatawan yang hobi akan olahraga ekstrem.
Kepulauan Banda terletak di tenggara Pulau Ambon yang terdiri dari 10 pulau kecil yang meliputi luas keseluruhan 55 Km2. Tiga pulau terbesar di kawasan ini adalah Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api.
Bandaneira adalah satu-satunya kota di kepuluan ini yang terletak di Pulau Neira di mana terdapat juga pelabuhan udara. Tujuh pulau lainnya merupakan pulau yang lebih kecil yang sulit dicapai transportasi. Kawasan ini telah menjadi salah satu tujuan wisata yang disukai turis mancanegara karena keindahan alamnya. Pulau-pulau di kawasan ini umumnya dikelilingi pantai dengan pemandangan alamnya yang indah.
Kawasan perairan di kepulauan ini memiliki kehidupan bawah air yang sangat mengagumkan. Surga bagi penyelam bawah air. Wisatawan juga dapat melakukan snorkeling di kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jika itu belum cukup, tersedia Gunung Api untuk didaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar